DESAIN DIKLAT
A.
Latar Belakang
E
learning adalah istilah yang digunakan untuk sistem pembelajaran yang ditunjang
dengan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), diperluas dengan memasukkan
komputer, perangkat mobile seperti seluler, PDA, dan mp3 player. Pembelajaran
elektronik ini juga memasukkan unsur-unsur penggunaan bahan pembelajaran
berbasis web, hypermedia dalam blog, wiki, chat, ujian berbasis komputer,
animasi, simulasi, permainan, learning management software, electronic voting
system, survey, dengan kombinasi beragam metode yang digunakan.
Pengembangan
e-Learning sangat diperlukan untuk menunjang pembelajaran konvensional serta
menyiapkan media media untuk menciptakan lingkungan belajar yang fleksibel,
mudah untuk diakses darimana saja dan kapan saja. Dengan sistem e-learning,
peserta dapat mengikuti kelas serta ikut ujian dari tempat bekerja atau tempat
tinggalnya. Selain itu dengan media digital, bahan ajar e-learning dapat lebih
diperkaya dengan menyediakan paduan teks, video dan audio, yang dilengkapi
dengan simulasi dan animasi.
Sistem
e-learning yang dimiliki suatu intitusi merupakan investasi yang sangat penting
untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang dimiliki. Sistem ini dapat
membantu menciptakan budaya belajar dan mengajar yang fleksibel sesuai dengan
perkembangan tuntutan kebutuhan pembelajaran oleh masyarakat luas. Sistem ini
juga dapat meningkatkan kompetisi dan kompetensi SDM tanpa harus meninggalkan
tugas-tugas yang diembannya.
Pelatihan
Pengembangan Sistem e-Learning & Konten Multimedia adalah pelatihan
terintegrasi untuk mengembangkan sistem e-learning beserta kontennya (materi
online dalam bentuk paduan teks, foto, audio, dan video). Keberhasilan dalam
pengembangan
sistem e-learning ini merupakan usaha bersama yang melibatkan subject-matter specialists, instructional designers serta informations technologists, dengan dukungan
penuh dari pengelola institusi. Oleh karena itu peserta pelatihan dari sebuah institusi diharapkan juga merupakan kombinasi dari beberapa unsur keahlian di atas.
sistem e-learning ini merupakan usaha bersama yang melibatkan subject-matter specialists, instructional designers serta informations technologists, dengan dukungan
penuh dari pengelola institusi. Oleh karena itu peserta pelatihan dari sebuah institusi diharapkan juga merupakan kombinasi dari beberapa unsur keahlian di atas.
B.
Nama Diklat
“Pelatihan Pengembangan Sistem E-Learning dan Konten Multimedia”
C.
Tujuan Diklat
1.
Pelatihan
bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia yang mampu untuk
menyiapkan sistem e-learning serta membuat konten multimedia untuk bahan
pengajaran.
2.
Mengembangkan
e-Pembelajaran sebagai salah satu metode pembelajaran yang berbasis
teknologi informasi di SLTA
3.
Mengembangkan e-Pembelajaran sebagai bagian
methoda pembelajaran untuk Bahasa, Sain, pengembangan kepribadian, Pembelajaran
ICT, serta implementasi digital library.
D.
Indikator Keberhasilan
·
Meningkatkan
kadar interaksi pembelajaran antara peserta didik dengan guru atau instruktur
(enhance interactivity) apabila dirancang secara cermat.
·
Memungkinkan terjadinya interaksi pembelajaran dari mana dan kapan saja
(time and place flexibility). Mengingat sumber belajar yang sudah dikemas
secara elektronik dan tersedia untuk diakses oleh peserta didik melalui
internet, maka peserta didik dapat melakukan interaksi dengan sumber belajar
ini kapan saja dan dari mana saja (Dowling, 2002).
·
Menjangkau
peserta didik dalam cakupan yang luas (potential to reach a global audience).
Dengan fleksibilitas waktu dan tempat, maka jumlah peserta didik yang dapat dijangkau
melalui kegiatan pembelajaran elektronik semakin lebih banyak atau meluas.
·
Mempermudah
penyempurnaan dan penyimpanan materi pembelajaran (easy updating of content as
well as archivable capabilities). Fasilitas yang tersedia dalam teknologi internet
dan berbagai perangkat lunak yang terus berkembang turut membantu mempermudah
pengembangan bahan belajar elektronik. Demikian juga dengan penyempurnaan atau
pemutakhiran bahan belajar sesuai dengan tuntutan perkembangan materi
keilmuannya dapat dilakukan secara periodik dan mudah.
·
Memudahkan
untuk manajemen dalam melakukan supervisi dan pengumpulan dokumen ataupun
rekaman yang di butuhkan dalam proses penilaian sekolah yang biasa di lakukan
seperti akreditasi.
E.
Sasaran Diklat
Sasaran pengembangan e-Pembelajaran adalah semua SLTA,
khususnya SLTA RSBI dan SLTA ICT Center.
F.
Jadwal Pelaksanaan
1.
Waktu
Pelaksanaan (5 – 8 kali pertemuan)
a)
Tanggal : 28 April – 28 Mei 2012
b)
Waktu : Sesuai Jadwal
2.
Tempat
: ICT Center UNM
G.
Persyaratan peserta
Peserta yang diperkenankan mengikuti diklat ini adalah
pegawai yang memenuhi syarat sebagai berikut:
1.
PNS dengan pangkat serendah-rendahnya Pengatur Muda (Gol. II/a);
2.
Menangani mata pelajaran TIK;
4.
Usia Maksimal 45 tahun pada saat diklat diselenggarakan;
5.
Memiliki akses internet, mampu dan terbiasa menggunakan internet;
6.
Ditunjuk atau ditugaskan oleh instansi yang bersangkutan;
7.
Jumlah peserta dibatasi 4 s.d 5 orang setiap sekolah.
H.
Kualifikasi Tenaga Pengajar Diklat
Ø
Fahmi Yusuf, S.Kom, MMSI
Jabatan Akademik : Lektor
Kepangkatan: III/b
Anggota Aptikom No.: A.04.00040
Ø
Fitra Nugraha, S.Kom
·
Jabatan Akademik : Salah satu dosen di Tehnik
Informatika UNDIP
·
Kepangkatan : II/b
Ø
Prof.
Dr. Ahkam Marwan, M.Pd
·
Jabatan Akademik : Guru Besar UNESA
Ø
Dr.
Magfiroh, M.Si
·
Jabatan Akademi : Salah satu dosen tetap di UNM
·
Kepangkatan : III/b
I.
Materi Pokok dan Sub Materi Pokok
Hari
Ke-
|
Pokok
Bahasan dan TIU
|
Sub Pokok Bahasan
dan TIK
|
1
|
Pelatihan Pengenalan e-Learning
TIU :
Memberikan
pemahaman tentang pentingnya teknologi e-Learning untuk mendukung proses
belajar mengajar serta membekali peserta dengan menggunakan alat Bantu
pembelajaran
|
-
Konsep dan
Filosopi e-Learning
-
Learning
Management System: Fitur- fitur dan Pemilihan LMS
-
Konsep
Pengajaran berbasis e-Learning
TIK :
Peserta dapat :
-
Mengetahui
Konsep dan Filosopi e-Learning
-
Mengetahui
Sistem Manajemen Learning
-
Mengetahui
Konsep Pengajaran berbasis e Learning
|
2
|
Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran
TIU :
Membekali
peserta dengan pengetahuan dan keterampilan tentang menggunakan perangkat
lunak Presentasi, Pengolah kata dan pengolah data/lembar sebar
|
-
Mengoperasikan
Microsoft Powerpoint
-
Mengoperasikan Microsoft Word
-
Mengoperasikan Microsoft Excel
TIK :
Peserta dapat :
-
Mengetahui
cara pengoprasian Microsoft Powerpoint
-
Mengetahui
cara Pengoprasian Microsoft Word
-
Mengetahui
cara pengoprasian Microsoft Excel
|
4
|
Pengembangan Konten e-Learning
TIU :
Membekali
peserta dengan keterampilan yang di perlukan untuk pengembangan konten
e-Learning
|
-
Administrasi
Pembelajaran
-
Mengelola
Homepage Pembelajaran: Mengatur Siswa
-
Mengatur Bahan
Ajar dan Kegiatan Pembelajaran
-
Membuat Quiz
dan Ujian Online, Otomasi Soal dan Pengaturan
Membuat
Forum dan Chat
TIK :
Peserta dapat :
-
Mengetahui
Administrasi Pembelajaran
-
Mengetahui
cara mengelola Homepage pembelajaran
-
Mengetahui
cara mengatur bahan ajar dan kegiatan pembelajaran
-
Mengetahui
cara membuat quiz dan ujian online.
|
6
|
Pelatihan
Instalasi dan Pemeliharaan Infrastruktur e-Learning
TIU :
Membekali peserta pelatihan dengan
keterampilan yang di perlukan untuk mempersiap-kan (instalasi) dan melakukan
pemeliharaan infrastruktur e-Learning
(hardware dan softwarenya)
|
-
Penyiapan
Server E-Learning: Spesifikasi Teknis dan Perangkat-perangkatnya
-
Pengenalan
Webserver: Instalasi, Konfigurasi dan Pemeliharaan
-
Instalasi LMS
Moodle untuk E-Learning
-
Administrasi
Umum: Frontpage, Theme dan Modul-modul Dasar
Administrasi
User: Menambah, Mengedit dan Menghapus User, Otomasi Administrasi User
TIK :
Peserta dapat :
-
Mengetahui
Penyiapan Server E-Learning
-
Mengetahui
Webserver
-
Mengetahui
Instalasi LMS Moodle untuk E-Learning
-
Mengetahui
Administrasi Umum: Frontpage, Theme dan Modul-modul Dasar
Administrasi
User: Menambah, Mengedit dan Menghapus User, Otomasi Administrasi User
|
J.
Metode Diklat
Metode
kegiatan yang digunakan dalam pelatihan ini adalah sebagai berikut :
1.
Metode Ceramah
Metode
ceramah digunakan untuk menjelasakan teori-teori dasar dan pengetahuan umum tentang
E-learning. Selain itu, metode ini juga diberikan untuk memberikan pengetahuan
dan pemahaman tentang manfaat e learning dalam proses pembelajaran. Metode ini
diberikan pada tiap awal pembahasan pokok bahasan, yang bertujuan untuk
memberikan dasar-dasar teori tiap pokok bahasan baru.
2. Metode
Demonstrasi
Metode
ini diberikan untuk menjelaskan penggunaan tiap-tiap perintah dalam mengakses
E-learning. Baik dalam meng up load materi, memberikan penugasan, dan juga
memberikan penilaian terhadap siswa menggunakan e learning. Diharapkan dengan
metode ini pemahaman peserta terhadap masing-masing materi makin mendalam.
3.
Metode Praktik
Pada
metode ini peserta mempraktikkan semua materi yang sudah didapatkan sebelumnya.
Metode ini digunakan untuk mengetahui sejauhmana tiap peserta mampu
mengoperasikan e learning yang telah dibuat.
4. Metode Diskusi
K. Media/Alat Bantu
Pembelajaran Diklat
Media/alat
bantu yang digunakan adalah
·
Komputer
·
Koneksi internet;
·
Audio – Visual (TV, tape recorder);
·
LCD, baik portable maupun permanent;
·
PSB (pusat sumber belajar) yang
menyediakan layanan dan program pembelajaran berbasis ICT.
L.
Rencana Evaluasi Diklat
Masing – masing
peserta dapat mengetahui penggunaan e learning sebagai salah satu metode
pembelajaran dan dapat membuat pembelajaran melalui e learning.
M.
Biaya
No
|
Kebutuhan
|
Rincian
|
Anggaran
|
1
|
Kesekretariatan
·
Kertas HVS
·
Spidol
·
Proposal
|
1
rim x Rp 33.000,-
3
x Rp 6.000,-
3 x Rp 10.000,-
|
Rp
33.000,-
Rp
18.000,-
Rp 30.000,-
|
2
|
Dokumentasi,
publikasi dan dekorasi
·
Dokumentasi
·
Publikasi
·
Dekorasi
|
Rp
100.000,-
Rp
100.000,-
Rp 200.000,-
|
Rp
100.000
Rp
100.000
Rp 200.000
|
3
|
Sewa
tempat pelatihan
·
Sewa gedung
|
Rp
750.000,-
|
Rp
750.000,-
|
4
|
Pelengkapan
peserta
·
Modul
·
Sertifikat
|
50*
x @ Rp 5.000,-
50* x @ Rp 5.000,
|
Rp
250.000,-
Rp 250.000,-
|
5
|
Konsumsi
·
Makan
·
Snack
·
Soft drink
(Minuman) peserta
·
Minuman panitia
·
Snack pemateri
|
70
x @ Rp 8.000,- (x 2)/6 hari
50
x @ Rp 4.000,- (x 2)/6 hari
50
x @ Rp 1.000,- (x 2)/6 hari
2
x @ 1 galon Rp 8.000,-/6 hri
4 x @ Rp 7.000,- /6 hari
|
Rp.6.720.000,-
Rp 2.400.000,-
Rp 600.000,-
Rp 96.000,-
Rp 168.000,-
|
6
|
Honorarium
·
Pemateri
|
4 x @ 1.000.000,-
|
Rp 4.000.000
|
|
|
TOTAL
|
Rp 15.715.000,-
|
N.
Penutup
Kami mengucapkan
terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepada kami untuk merealisasikan
kerjasama ini. Semoga dengan kerjasama ini, kami dapat memperoleh kesempatan
untuk membantu dalam merancang, membuat, menyempurnakan dan menerapkan
pemanfaatan TIK di lembaga yang bapak/ibu pimpin.
Demikianlah proposal
ini kami sampaikan semoga dapat menjadi pedoman bagi kita dalam melakukan
penerapan e-Pembelajaran (e-Learning), semoga Alloh SWT, memberkati semua upaya
kita ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar