Senin, 16 April 2012

Desain Diklat E Learning


DESAIN DIKLAT

A.    Latar Belakang
E learning adalah istilah yang digunakan untuk sistem pembelajaran yang ditunjang dengan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), diperluas dengan memasukkan komputer, perangkat mobile seperti seluler, PDA, dan mp3 player. Pembelajaran elektronik ini juga memasukkan unsur-unsur penggunaan bahan pembelajaran berbasis web, hypermedia dalam blog, wiki, chat, ujian berbasis komputer, animasi, simulasi, permainan, learning management software, electronic voting system, survey, dengan kombinasi beragam metode yang digunakan.
Pengembangan e-Learning sangat diperlukan untuk menunjang pembelajaran konvensional serta menyiapkan media media untuk menciptakan lingkungan belajar yang fleksibel, mudah untuk diakses darimana saja dan kapan saja. Dengan sistem e-learning, peserta dapat mengikuti kelas serta ikut ujian dari tempat bekerja atau tempat tinggalnya. Selain itu dengan media digital, bahan ajar e-learning dapat lebih diperkaya dengan menyediakan paduan teks, video dan audio, yang dilengkapi dengan simulasi dan animasi.
Sistem e-learning yang dimiliki suatu intitusi merupakan investasi yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang dimiliki. Sistem ini dapat membantu menciptakan budaya belajar dan mengajar yang fleksibel sesuai dengan perkembangan tuntutan kebutuhan pembelajaran oleh masyarakat luas. Sistem ini juga dapat meningkatkan kompetisi dan kompetensi SDM tanpa harus meninggalkan tugas-tugas yang diembannya.
Pelatihan Pengembangan Sistem e-Learning & Konten Multimedia adalah pelatihan terintegrasi untuk mengembangkan sistem e-learning beserta kontennya (materi online dalam bentuk paduan teks, foto, audio, dan video). Keberhasilan dalam pengembangan
sistem e-learning ini merupakan usaha bersama yang melibatkan subject-matter specialists, instructional designers serta informations technologists, dengan dukungan
penuh dari pengelola institusi. Oleh karena itu peserta pelatihan dari sebuah institusi diharapkan juga merupakan kombinasi dari beberapa unsur keahlian di atas.
B.     Nama Diklat

Pelatihan Pengembangan Sistem E-Learning dan Konten Multimedia

 

C.    Tujuan Diklat
1.      Pelatihan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia yang mampu untuk menyiapkan sistem e-learning serta membuat konten multimedia untuk bahan pengajaran.
2.      Mengembangkan e-Pembelajaran sebagai salah satu metode pembelajaran yang berbasis teknologi informasi di SLTA
3.      Mengembangkan e-Pembelajaran sebagai bagian methoda pembelajaran untuk Bahasa, Sain, pengembangan kepribadian, Pembelajaran ICT, serta implementasi digital library.

D.    Indikator Keberhasilan
·         Meningkatkan kadar interaksi pembelajaran antara peserta didik dengan guru atau instruktur (enhance interactivity) apabila dirancang secara cermat.
·         Memungkinkan terjadinya interaksi pembelajaran dari mana dan kapan saja (time and place flexibility). Mengingat sumber belajar yang sudah dikemas secara elektronik dan tersedia untuk diakses oleh peserta didik melalui internet, maka peserta didik dapat melakukan interaksi dengan sumber belajar ini kapan saja dan dari mana saja (Dowling, 2002).
·         Menjangkau peserta didik dalam cakupan yang luas (potential to reach a global audience). Dengan fleksibilitas waktu dan tempat, maka jumlah peserta didik yang dapat dijangkau melalui kegiatan pembelajaran elektronik semakin lebih banyak atau meluas.
·         Mempermudah penyempurnaan dan penyimpanan materi pembelajaran (easy updating of content as well as archivable capabilities). Fasilitas yang tersedia dalam teknologi internet dan berbagai perangkat lunak yang terus berkembang turut membantu mempermudah pengembangan bahan belajar elektronik. Demikian juga dengan penyempurnaan atau pemutakhiran bahan belajar sesuai dengan tuntutan perkembangan materi keilmuannya dapat dilakukan secara periodik dan mudah.
·         Memudahkan untuk manajemen dalam melakukan supervisi dan pengumpulan dokumen ataupun rekaman yang di butuhkan dalam proses penilaian sekolah yang biasa di lakukan seperti akreditasi.


E.     Sasaran Diklat
Sasaran pengembangan e-Pembelajaran adalah semua SLTA, khususnya SLTA  RSBI dan SLTA ICT Center.
F.     Jadwal Pelaksanaan
1.      Waktu Pelaksanaan (5 – 8 kali pertemuan)
a)      Tanggal     : 28 April – 28 Mei 2012
b)      Waktu       : Sesuai Jadwal
2.      Tempat           : ICT Center UNM

G.    Persyaratan peserta
Peserta yang diperkenankan mengikuti diklat ini adalah pegawai yang memenuhi syarat sebagai berikut:
1. PNS dengan pangkat serendah-rendahnya Pengatur Muda (Gol. II/a);
2. Menangani mata pelajaran TIK;
4. Usia Maksimal 45 tahun pada saat diklat diselenggarakan;
5. Memiliki akses internet, mampu dan terbiasa menggunakan internet;
6. Ditunjuk atau ditugaskan oleh instansi yang bersangkutan;
7. Jumlah peserta dibatasi 4 s.d 5 orang setiap sekolah.
H.    Kualifikasi Tenaga Pengajar Diklat
Ø  Fahmi Yusuf, S.Kom, MMSI
  Jabatan Akademik : Lektor
  Kepangkatan: III/b
  Anggota Aptikom No.: A.04.00040
Ø  Fitra Nugraha, S.Kom
·         Jabatan Akademik : Salah satu dosen di Tehnik Informatika UNDIP
·         Kepangkatan : II/b
Ø  Prof. Dr. Ahkam Marwan, M.Pd
·         Jabatan Akademik : Guru Besar UNESA
Ø  Dr. Magfiroh, M.Si
·         Jabatan Akademi : Salah satu dosen tetap di UNM
·         Kepangkatan : III/b

I.       Materi Pokok dan Sub Materi Pokok
Hari Ke-
Pokok Bahasan dan TIU
Sub Pokok Bahasan dan TIK
1
Pelatihan Pengenalan e-Learning





TIU :
Memberikan pemahaman tentang pentingnya teknologi e-Learning untuk mendukung proses belajar mengajar serta membekali peserta dengan menggunakan alat Bantu pembelajaran

-          Konsep dan Filosopi e-Learning
-          Learning Management System: Fitur- fitur dan Pemilihan LMS
-          Konsep Pengajaran berbasis e-Learning

TIK :
Peserta dapat :
-          Mengetahui Konsep dan Filosopi e-Learning
-          Mengetahui Sistem Manajemen Learning
-          Mengetahui Konsep Pengajaran berbasis e Learning
2
Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran



TIU :
Membekali peserta dengan pengetahuan dan keterampilan tentang menggunakan perangkat lunak Presentasi, Pengolah kata dan pengolah data/lembar sebar

-         Mengoperasikan Microsoft Powerpoint
-         Mengoperasikan Microsoft Word
-         Mengoperasikan Microsoft Excel


TIK :
Peserta dapat :
-          Mengetahui cara pengoprasian Microsoft Powerpoint
-          Mengetahui cara Pengoprasian Microsoft Word
-          Mengetahui cara pengoprasian Microsoft Excel
4
Pengembangan Konten e-Learning








TIU :
Membekali  peserta dengan keterampilan yang di perlukan untuk pengembangan konten e-Learning
-       Administrasi Pembelajaran
-       Mengelola Homepage Pembelajaran: Mengatur Siswa
-       Mengatur Bahan Ajar dan Kegiatan Pembelajaran
-       Membuat Quiz dan Ujian Online, Otomasi Soal dan Pengaturan
Membuat Forum dan Chat

TIK :
Peserta dapat :
-          Mengetahui Administrasi Pembelajaran
-          Mengetahui cara mengelola Homepage pembelajaran
-          Mengetahui cara mengatur bahan ajar dan kegiatan pembelajaran
-          Mengetahui cara membuat quiz dan ujian online.


6
Pelatihan Instalasi dan Pemeliharaan Infrastruktur e-Learning









TIU :
Membekali peserta pelatihan dengan keterampilan yang di perlukan untuk mempersiap-kan (instalasi) dan melakukan pemeliharaan infrastruktur  e-Learning (hardware dan softwarenya)
-       Penyiapan Server E-Learning: Spesifikasi Teknis dan Perangkat-perangkatnya
-       Pengenalan Webserver: Instalasi, Konfigurasi dan Pemeliharaan
-       Instalasi LMS Moodle untuk E-Learning
-       Administrasi Umum: Frontpage, Theme dan Modul-modul Dasar
Administrasi User: Menambah, Mengedit dan Menghapus User, Otomasi Administrasi User

TIK :
Peserta dapat  :
-          Mengetahui Penyiapan Server E-Learning
-          Mengetahui Webserver
-          Mengetahui Instalasi LMS Moodle untuk E-Learning
-      Mengetahui Administrasi Umum: Frontpage, Theme dan Modul-modul Dasar
Administrasi User: Menambah, Mengedit dan Menghapus User, Otomasi Administrasi User

J.      Metode Diklat
Metode kegiatan yang digunakan dalam pelatihan ini adalah sebagai berikut :

1.      Metode Ceramah
Metode ceramah digunakan untuk menjelasakan teori-teori dasar dan pengetahuan umum tentang E-learning. Selain itu, metode ini juga diberikan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang manfaat e learning dalam proses pembelajaran. Metode ini diberikan pada tiap awal pembahasan pokok bahasan, yang bertujuan untuk memberikan dasar-dasar teori tiap pokok bahasan baru.
2.      Metode Demonstrasi
Metode ini diberikan untuk menjelaskan penggunaan tiap-tiap perintah dalam mengakses E-learning. Baik dalam meng up load materi, memberikan penugasan, dan juga memberikan penilaian terhadap siswa menggunakan e learning. Diharapkan dengan metode ini pemahaman peserta terhadap masing-masing materi makin mendalam.
3.      Metode Praktik
Pada metode ini peserta mempraktikkan semua materi yang sudah didapatkan sebelumnya. Metode ini digunakan untuk mengetahui sejauhmana tiap peserta mampu mengoperasikan e learning yang telah dibuat.
4.      Metode Diskusi

K.    Media/Alat Bantu Pembelajaran Diklat
Media/alat bantu yang digunakan adalah
·         Komputer
·         Koneksi internet;
·         Audio – Visual (TV, tape recorder);
·         LCD, baik portable maupun permanent;
·         PSB (pusat sumber belajar) yang menyediakan layanan dan program pembelajaran berbasis ICT.


L.     Rencana Evaluasi Diklat
Masing – masing peserta dapat mengetahui penggunaan e learning sebagai salah satu metode pembelajaran dan dapat membuat pembelajaran melalui e learning.

M.  Biaya
No
Kebutuhan
Rincian
Anggaran
1
Kesekretariatan
·         Kertas HVS
·         Spidol
·         Proposal


1 rim x Rp 33.000,-
3 x Rp 6.000,-
3 x Rp 10.000,-

Rp 33.000,-
Rp 18.000,-
Rp 30.000,-
2
Dokumentasi, publikasi dan dekorasi
·         Dokumentasi
·         Publikasi
·         Dekorasi

Rp 100.000,-
Rp 100.000,-
Rp 200.000,-

Rp 100.000
Rp 100.000
Rp 200.000
3
Sewa tempat pelatihan
·         Sewa gedung

Rp 750.000,-

Rp 750.000,-
4
Pelengkapan peserta
·         Modul
·         Sertifikat



50* x @ Rp 5.000,-
50* x @ Rp 5.000,

Rp 250.000,-
Rp 250.000,-

5
Konsumsi
·         Makan
·         Snack
·         Soft drink (Minuman) peserta
·         Minuman panitia
·         Snack pemateri

70 x @ Rp 8.000,- (x 2)/6 hari
50 x @ Rp 4.000,- (x 2)/6 hari
50 x @ Rp 1.000,- (x 2)/6 hari
2 x @ 1 galon Rp 8.000,-/6 hri
4 x @ Rp 7.000,- /6 hari

Rp.6.720.000,-
Rp 2.400.000,-
Rp 600.000,-
Rp 96.000,-
Rp 168.000,-

6
Honorarium
·         Pemateri

4 x @ 1.000.000,-

Rp 4.000.000



TOTAL
Rp 15.715.000,-


N.    Penutup
Kami mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepada kami untuk merealisasikan kerjasama ini. Semoga dengan kerjasama ini, kami dapat memperoleh kesempatan untuk membantu dalam merancang, membuat, menyempurnakan dan menerapkan pemanfaatan TIK di lembaga yang bapak/ibu pimpin.
Demikianlah proposal ini kami sampaikan semoga dapat menjadi pedoman bagi kita dalam melakukan penerapan e-Pembelajaran (e-Learning), semoga Alloh SWT, memberkati semua upaya kita ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar